Jumat, 11 Maret 2011

Cupcakes Day

Beberapa hari yang lalu, predikat gua sebagai seorang perempuan tulen kembali diuji. Di hari rabu kemaren, gua akhirnya (kembali) mencoba berurusan dengan segala perangkat dapur. Intinya gua MASAK. Jangan kaget, jangan takut, dan jangan cemas, kali ini gua nggak masak sendirian, gua ditemani oleh bintang tamu (ceileeh, acara masak ling) yang bernama Fransisca Ho, atau biasa kerap disapa (sama gua aja sih disapanya), Ndud. fyi, jangan coba-coba manggil dia pake panggilan itu kalo belom berpengalaman yah, bisa-bisa abis ditimpa lo! hahahaha (nb:toss dulu ndud, toos dulu).




Kehadiran si ndud di dapur sungguh sangat menenangkan hati dan jiwa gua. Pertama, si ndud udah berpengalaman banget dalam memasak karena di kampusnya diajarin juga cara memasak, sehingga kemungkinan gagal kecil. Kedua, kemungkinan kebakaran karena ulah gua jadi kecil (berkaca pada pengalaman kompor meleduk), tapi gua sangat yakin, kehadiran gua di dapur rumahnya pada rabu kemarin sungguh membuat panik jiwa-raga si ndud. Ya iyalah, pertama, dengan hadirnya gua, kemungkinan gagal sangat tinggi karena gua nggak punya pengalaman masak dan di kampus pun gua kagak dapet tuh pelajaran tata boga. Kedua, dengan adanya gua, resiko kebakaran jadi sangat tinggi (fyi, rumah ndud baru aja kebakaran beberapa bulan lalu, dan dengan biadapnya gua jadikan itu bahan UTS gua).

Acara bikin cupcake sini udah direncanakan lama, tapi karena adanya kendala teknis yang waktu itu belom terpenuhi, maka nggak jadi mulu dah itu bikin cupcakesnya. Sampai akhirnya dua hari yang lalu, setelah berenang di pagi buta, gua dan si ndud memutuskan untuk membuat cupcakes sekalian kue ulang tahun untuk salah seorang teman gereja. Sampai di rumahnya, si ndud malah sibuk sama kue ulang tahun temen gereja gua, dan gua? Gua cuma dikasih direction aja cara bikin cupcakes.
Ndud: 'Berapa takaran gulanya?'
Gua: 'Hah?'
Ndud: 'Liat catetan!!'
Gua: *bukacatetan* eer..125 gram'
Ndud: 'Oke. Takar'
Gua: 'Takarannya mana yah ndud?'
Ndud: 'Nggak ada timbangan di sini. Takar pake feeling!'
Gua: Gleek.. *telenludah*

Semua bahan akhirnya gua takar dengan feeling. Feeling...Berdasarkan feeling gua..sampai akhirnya (lagi) gua salah takar...

Buat temen-temen yang mau coba bikin cupcakes, ini dia langkah-langkahnya (notes:sebisa mungkin buat lo pada yang mau coba bikin, jangan lupa beli timbangan)

1. Siapin bahannya dulu (ya iyalah)
Bahannya itu ada:
Cupckes: 1 sdm susu bubuk (yang vanila yah jangan yang coklat), 125 gr tepung, 5 telur, 1sdt tbm, 100 gr mentega cair, 2 sdm vanila.
Cream: 100 gr gula, 250 gr mentega putih tawar, 125 ml susu kental manis, pewarna makanan.



2. Panaskan mentega di kompor


3. Sambil tunggu mentega mencair, campurkan tepung, susu bubuk, tbm, dan vanila


4. Kalo udah, siapkan kixer, dan masukan 5 telor tersebut (tanpa kulitnya yah) ke dalam mangkuk mixer


5. Coba cek ke kompor dulu, menteganya udah cair belom?  kalo udah, matiin api, angkat, tuang ke mangkok lain yah.


6. Haluskan dulu gula dengan blender yah.


7. Campur gula ke dalam telur.


8. Nyalain mixer, aduk sampai rata


9. Pelan tapi pasti, lambat asal selamat, masukan tepung dan kawan-kawan ke dalam adonan telur.


10. Siapkan cetakan


11. Kalo adonan udah rata, matiin mixernya yah, terus aduk adonan dengan sendok searah jarum jam sambil pelan-pelan mentega cairnya dicampur ke dalam adonan (tangannya tetep ngaduk yah sambil masukin mentega).


12. Tuang adonan ke dalam cetakan dan setelah itu langsung panggang di oven yah. Jangan microwave!




Sambil nunggu Cupcakes mateng, kita bisa siapin creamnya loh. caranya

1. Campur semua bahan pembuat cream jadi satu, kecuali pewarna makanan. Itu belakangan.


2. Kalo udah, siapin mixernya lagi. Kita aduk adonan cream ini.


3. Kalo udah halus adonannya, matiin mixer, cabut colokannya (listrik mahal), siapkan mangkuk, lalu ambil adonan sedikit-sedikit ke dalam mangkuk. Campur bahan pewarna makanan (jangan pewarna textil) bersama adonan cream.


4. Angkat cupcakes dari oven (liat dulu uda mateng belom), lalu diamkan sebentar, angkat dari cetakan, lalu hias lah cupcakes dengan cream.





Setelah selesai, cupcakes siap dihidangakan...


Ini dia, cupcakes ala chef Maling :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar