Jumat, 15 Juni 2012

Kaki dan Terapi (part 1)

Karena nila setitik, rusak susu sebelangga
Karena basket setitik, rusak kaki sebelangga
(nggak nyambung emang. tau kok)

Postingan kali ini bercerita soal kondisi kaki kiri (dan kanan) gua yang soak (aki mobil kalee) gara-gara main basket. cukup perlu sekali lompat rebound aja buat bikin kaki gua somplak. kejadiannya sebenernya udah dari taon lalu dan selama setaon berjalan ini gua selalu dibawa ke sinshe buat diurut. penyelamatan yang baik di awalnya hingga akhirnya gua dikasih tau kalo cedera otot itu nggak boleh diurut sama sekali karena bakal bikin parah kondisi ototnya. penyelamatan yang baik tadi berubah jadi buruk. ngeek!

Fyi, diagnosis awal sakit di kaki gua itu adalah keseleo. itu tadi diagnosis nyokap gua yang cuman sekedar sotoy dan berhubung nyokap gua nggak bisa nyembuhin kaki gua, akhirnya dibawalah gua ke sinshe. sinshe ini bilang kaki gua lemah. ini diagnosa paling culun yang pernah gua denger. sinshenya pun nggak kalah culun (dendam ceritanya). sinshe ini nyaranin gua buat rajin-rajin makan ceker ayam. begonya nyokap gua ikutin aja saran tuh sinshe, jadi ampir tiap hari menu makan gua pasti aja ada ceker ayam dan begonya lagi gua emutin juga itu ceker ayam ampe bego.

Ternyata makanin ceker ayam ampir tiap hari tetep nggak bisa bikin gua sembuh. mulai bete deh gua. udah nurunin pasaran gua tiap ke tukang bakmie pesen bakmie satu sama ceker banyak plus kuah ceker tetep aja nggak sembuh-sembuh padahal udah dateng ngobat (ini bahasanya...semacem ngobat ye gua) sebulan lebih. at that moment gua pengen lemparin ceker ayam ke muka sinshenya. serius.

Akhirnya gua pindah sinshe. sinshe yang ini ganteng, masih muda, senyumnya manis, ramah, suka becanda, bikin betah dateng berobat deh pokoknya *eh* *salahtujuan*. diagnosis si ganteng ini, eh salah maksud gua sinshe ini beda lagi. ankle diagnosanya. nah diagnosanya masuk akal ini. mukanya juga masuk akal, nggak seculun sinshe yang pertama. Berbulan-bulan dateng ngobat sama dia ternyata gua juga nggak ada perubahan. kali ini gua nggak bete-bete amat secara yah dia kan udah usaha kasih gua obat, perban kaki gua, ngurut gua dan yang terpenting nggak ngasih makan gua ceker lagi!!
o yah, dan satu lagi, ganteng! *teteuuup*

Pengobatan gua ke sinshe pun berakhir setelah tau kalo sinshe ganteng itu udah kawin, eh nggak maksud gua setelah satu kejadian di kampus pas mata kuliah politik di hari selasa. tiba-tiba aja gua ngerasa nggak punya kaki dong. setelah absen akhirnya gua mutusin buat pulang aje dah. dengan didukung oleh temen-temen sebangku dan dilandasi oleh keinginan yang luhur bahwa setelah ijin ini gua bakal bener-bener berobat, gua akhirnya berjalan tertatih hingga terhenti di depan meja dosen. awalnya takut nggak dikasih ijin terus diomelin sama dosen politik di depan kelas tapi ternyata dikasih dong dong dong. Gua langsung tacuu cyuus ke sinshe lagi..

Trust me, sinshe terakhir yang gua datengin malah lebih culun dari sinshe gua yang pertama. Dia urut kaki gua dan dia perban kaki gua sampe betis


Besoknya gua siap buka perban dan ternyata setelah gua buka perban eng ing eeeeeeeeng..tuk dak tuk dak jeezzz!!! kaki gua makin bengkak. nggak cuma makin bengkak. gua juga makin nggak bisa jalan. nggak pake nunggu lama besoknya gua ngesot ke dokter dan menurut diagnosa si dokter (yang mereka kaki gua cukup dengan ngeliat aja) otot kaki gua ngalamin pendarahan dan ada kemungkinan robek. gua. panik.

Beberapa hari ngalamin sedikit perubahan, tapi bengkak mah tetep aja. karena nggak ada banyak perubahan, gua akhirnya dibawa ke dokter lain. Lagi, nggak pake pegang kaki gua, cukup liat, dia udah dapet diagnosa. Ada apa sih dengan dokter-dokter? udah kepinteran gitu nggak mau pegang kakinya? mau sotoy? ato takut kaki gua bau? tenang dok, even sepatu keds gua nggak dicuci selama 2 bulan lebih, kaki gua tetep wangi *ciumkakisendiri* *pingsan*. Dokter kedua pun nggak bisa bantu banyak. tetep bengkak. akhirnya gua kembali ke pelukan (tsaaah) dokter langganan keluarga besar popo gua sedari kecil. di kelapa gading. jauh banget nyeet emang. tau kok. setelah diliat dan dpegang si dokter ini mendiagnosakan kalo otot gua udah positip robek dan dia minta gua jalanin fisioterapi malem itu juga.

Gua ngejalanin sesi pertama terapi yang totalnya ada 6 kali pertemuan. puji Tuhan banget gua dapet terapis yang sabar, manis, kalem, bae, care, pokoknya ini terapis cucok lah megang gua. selama 6 kali pertemuan itu gua harus ngerelain kaki gua yang indah dan jenjang ini buat di heating, di ultrasonik dan terakhir di setrum. ngrti yang gua omongin tadi? nggak? nih gua kasih tau, di heating itu berarti kaki gua dipanasin pake sinar. semacem infrared gitu deh. fungsinya buat lancarin aliran darah. kelebihan dosis heating bisa menyebabkan kaki perih seketika, ngilu dan lemas. ibarat kata masuk dengan kaki lemah,keluar makin lemah deh kalo kelebihan dosis. ultrasonik fungsinya buat misahin otot-otot yang nempel akibat lendir dari peradangan. semacem di usg lah. terakhir di setrum. gua kayaknya nggak perlu jelasin apa itu disetrum yah, tapi yang pengen gua bagi, bayangin kaki,betis dan paha lu disetrum. Belom kalo out of normal levelnya -.-"

Di pertemuan ke 3 terapist gua yang manis,baik hati serta sabar itu akhirnya ngungkapin kepasrahannya sama gua. buat dia, 3x terapi kaki gua belom nunjukkin perubahannya. kalo dievaluasiin nih, statis ajadari pertama gua dateng. bahkan dia punya rencana jahat buat balikin gua ke dokter yang which means gua akan dioperasi. kriik...

Pertemuan ke 5 masih nggak berkembang. malah getting worse. gua malah nggak bisa bediri dan jalan di kampus sampe mesti dipapah sama temen kampus gua. jompo banget nggak sih gua? preet! eh tapi tau nggak sih anehnya nih besok di pertemuan ke 6, kaki gua udah baean. setelah dioper ke sana sini akhirnya terapist gua mutusin buat buka sesi ke2 buat gua :")
Evaluasi total: 40%
Sialnya kaki kanan gua ternyata punya masalah otot juga. yang kanan kita liat nanti gimana sikonnya :|

Salah satu dari terapi yang nyiksa adalah terapi bediri. awalnya pas disuruh terapi bediri gua ketawa. yakaleee bediri aja di terapiin. eh sial begitu liat alatnya, ternyata gua kudu bediri di satu alat dengan pijakan bergerigi dengan posisi miring ke bawah, jadi posisi lu bediri itu kayak pengen naek gunung deh, dilandasan yang miring gitu. begitu mulai terapinya gantian si terapist yang ngetawain gua karena gua jejeritan. sakit nyeet! ketarik ototnya :"(

Itulah kondisi kaki gua dan terapi-terapinya. unik emang. dan menggelitik. tapi nggak boleh makan kripik. nanti batuk.

Well, sekian dulu dari gua. mau tidur. besok terapi lagi. doain akyuuh biar cepets sembuuh teyus lepas tongkat eaaa kakaaaak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar