Kamis, 26 Agustus 2010

Tips Jitu Untuk Guru Privat

Sebagai orang yang sudah cukup berpengalaman dalam urusan ajar-menghajar, eh salah, ajar-mengajar, gua ingin sekali berbagi tips untuk para calon guru les privat di luar sana, dan ini lah beberapa tips ampuh dalam mengajar les privat ala malink cangcut.

Penampilan
Dalam mengajar, penampilan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Anda tentunya tidak mau bukan memberi kesan pertama yang menakutkan ke anak didik. Maka dari itu, hindarilah memakai baju-baju berwarna gelap dengan jeans rombeng agar si anak tidak berpikir bahwa anda akan mengajari dia gitar listrik, bukannya matematika. Selain itu, menghindari baju dengan warna gelap dan menggunakan baju berwarna cerah juga sangat menguntungkan. Anda akan terlihat lebih muda! (teori macam apa ini). Tentunya anda akan lebih senang bila dipanggil kakak/cici/koko dibandingkan dipanggil miss/sir bukan.

Mental
Sangatlah penting bagi anda untuk mempersiapkan mental ketika anda ingin berangkat mengajar. Apalagi jika anak didik anda merupakan anak yang binal bin bar-bar. Tak hanya mental saja yang harus anda siapkan. Air minum, makanan, tali rafia, dan lakban pun harus anda siapkan agar kegiatan belajar-mengajar dapat berlangsung dengan baik :)

Perlengkapan Mengajar
Ada beberapa barang yang harus diperhatikan oleh para guru les privat, yang sangat saya anjurkan agar jangan sampai benda-benda ini tertinggal di rumah atau pun kolong ranjang.
1. Alat Tulis
Anda tentunya tidak mau di cap sebagai guru tanpa modal bukan. Maka dari itu, jangan samapi anda lupa membawa alat tulis anda. Kalau sampai masih kelupaan juga, hmm..saya sarankan agar anda mencoba trik ini,  ' Uuumm..Tono (nama contoh), boleh pinjem pen nggak? pen miss tadi dimakan dinosaurus di jalan.' Trik ini selalu berhasil karena anak les akan simpati pada kita seraya berpikir ' Kasian ya, guru les aku masih kejebak di masa lalu.'


2. Kamus
Bagi anda wahai guru-guru les inggris, jangan lah pernah lupa membawa kamus ketika mengajar. Anda tidak akan pernah tahu kapan anak didik anda akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan absurd seperti, 'Miss, bahasa inggrisnya pantai apa?'. Anda tidak mau menjadi guru yang bodoh dengan menjawab, 'Pantai itu bitch bahasa inggrisnya.' karena anda lupa membawa kamus bukan. Selain itu kamus juga sangat berjasa untuk para guru les privat yang anaknya bar-bar. Kalau anaknya nggak bisa diem, tinggal ambil kamus terus PLAAAK!!! hajarlah kepalanya dengan kamus.

3. Tali Rafia dan lakban
Sangat berguna untuk guru les yang anaknya nggak bisa diem. Tinggal tarik anaknya, ikat di kursi, tutup mulutnya. Abis itu ambil pistol mainan dan todongkan pistol mainan itu di kepalanya seraya berkata, 'MAU BUAT SOALNYA ATO MISS TEMBAK, HUH??!! JAWAB!!! DIEM AJA!!!' (Oke, tentunya anaknya nggak bisa jawab, orang mulutnya di lakban). Walaupun kegiatan belajar mengajar ini macam adegan penculikan, tapi cara ini ampuh membuat anak diam mengerjakan soalnya...dan NANGIS.

Setelah hal-hal yang perlu disiapkan, sekarang saya akan memberi contoh-contoh dari gaya mengajar

1. Gaya ' Up To You '
Dalam gaya ini, anak didik diberi kebebasan posisi dalam mengerjakan soal. Suka-suka aja anaknya mau ngerjain soal sambil tengkurep, sambil jongkok, sambil tiduran, sambil boker, pokoknya suka-suka deh, yang penting soalnya kelar.

2. Gaya ' Polisi-Maling '
Gaya ini sebenarnya sangat tidak baik. Namun banyak guru les yang menerapkannya. Gaya ini biasa digunakan untuk anak-anak yang nggak bisa diem. Lari sana lari sini kayak belatung tai. Biasanya guru akan mengejar anaknya untuk mengerjakan soal, sedangkan anak didiknya sendiri ngumpet entah di mana. Mungkin aja di bagasi mobil.

3. Gaya ' You Happy, I Happy '
Gaya ini sangat cocok diterapkan pada murid yang kalem. Murid yang baik dan kalem biasanya akan duduk manis saat dijelaskan dan mengerjakan soal yang kita berikan dengan sangat baik dengan sedikit salah. Sedangkan guru lesnya sendiri juga pasti akan senang, karena selain bahagia melihat anak didiknya yang kalem, guru les pun juga bisa bebas sms-an, baca komik, makan, dll dengan tenang tanpa harus main kejar-kejaran dengan anak lesnya.

4. Gaya ' I'll Kill You'
Dari namanya saja sudah bisa ditebak, gaya macam apa ini. Gaya ini  berbau ancaman seperti,
' Mau duduk ato nggak? Nanti miss kasih boneka setan nih yah!'
' Kerjain ayo, kalo nggak dikerjain les nya sampe jam 7 malem yah.'
' Miss tembak pake pistol maenan nih yah!'
' Telepon-in mami yah kalo kamu nggak mau ngerjain.'
Dijamin, anak anda akan jiper dengan anda, kemudian mengadu pada mami nya, kemudian anda dipecat!

Udah yah, segini dulu tips nya. Gua kudu ngelesin bentar lagi dengan gaya nomor  4. Bye bye..semoga tips nya bermanfaat. Kisskiss from Moby :D

2 komentar:

  1. i've tried the one that you called "i'll kill you" style. it didnt work to my student. damn.

    BalasHapus
  2. I'm so sorry to hear that:( I'm sure there's something wrong with your student,not my style.hahahaha

    BalasHapus